Gasak Tunisia 3-1, Spanyol ke 16 Besar

Juni 20, 2006 at 3:11 pm Tinggalkan komentar

Stuttgart – Spanyol memastikan langkah mereka ke babak 16 besar. Di FIFA World Cup Stadium Stuttgart, Selasa (20/6/2006), Charles Puyol cs meraih kemenangan meyakinkan 3-1.

Hasil ini melanjutkan kedigjayaan Spanyol setelah pada pertandingan pertama meraih kemenangan besar dengan skor 4-0 atas Ukraina. Tambahan tiga angka membuat "Tim Matador" memuncaki grup H dan memastikan satu tiket ke babak perdelapanfinal.

Sementara Tunisia kini duduk di peringkat tiga dengan mengumpulkan satu poin. Peluang skuad asuhan Roger Lemerre ini untuk melangkan ke babak kedua belum tertutup, jika dipertandingan terakhir Tunisia bisa menundukkan Ukraina maka tiket ke babak knock out bisa mereka dapat.

Walau meraih kemenangan besar, namun Spanyol harus berjuang ekstra keras sebelum keluar lapangan dengan kepala tegak. Tunisia yang dipartai perdana bermain imbang 2-2 dengan Arab Saudi memberikan perlawanan ulet.

Spanyol langsung membangun serangan begitu pertandingan dimulai. Setelah tandukan Luis Garcia masih melebar, tendangan keras David Villa dari luar kotak penalti juga hanya membentur sisi luar jala gawang Tunisia yang dinihari ini dikawal Ali Boumnijel.

Namun justru Tunisia yang membuat Spanyol dan pendukungnya terperangah di menit delapan. Diawali tusukan Zied Jaziri dari tengah lapangan, striker Tunisia itu melepaskna umpan ke tengah lapangan setelah lolos dari kerubutan tiga pemain Spanyol.

Jaouhar Mnari yang datang menyambut bola tak langsung bisa menggetarkan gawang Spanyol karena sepakan pertamanya terhadang Iker Casillas. Namun tendangan keduanya tak kuasa diblok kiper Real Madrid itu.

Unggul satu gol Tunisia malah kembali mengancam. Selain kegagalan Jaziri mengejar umpan terobosan yang keburu didapat Cassilas, tendangan bebas Anis Ayari beberapa centimeter dari luar kotak penalti juga tepat mengarah ke pelukan kiper Real Madrid itu.

Saat tertinggal satu gol Spanyol sebenarnya langsung berusaha menekan Tunisia, namun walau banyak peluang datang tak ada satupun yang berujung gol. Tendangan keras Villa dari jarak jauh, umpan terobosan pada Torres yang mampu dihadang Radhi Jaidi sampai tandukan Sergio Ramos Ramos yang berdiri bebas memanfaatkan tendangan sudut tak ada yang menemui sasaran.

Xabi Alonso nyaris membuat Spanyol menyamakan kedudukan sesaat sebelum turun minum. Tandukannya menyambut umpan tendangan sudut sudah tak sanggup digapai kiper Ali Boumnijel. Namun bola yang mengarah ke gawang ternyata dimentahkan oleh Anis Ayari yang berdiri tepat di bawah mistar.

Masuk babak kedua Luiz Aragones mengganti beberapa pemainnya. Francesc Fabregas menggantikan Marcos Senna, Raul Gonzalez masuk menggantikan Luis Garcia dan Sanchez Joaquin menggusur David Villa.

Keputusan Aragones sangat tepat. Fabregas, Joaquin dan Raul menambah daya gempur Spanyol dan melahirkan banyak peluang buat Spanyol. Baru tiga menit Fabregas langsung membuat Boumnijel kelabakan saat tendangan jarak jauhnya harus dengan susah payah ia blok.

Gol penyeimbang yang dinanti pendukung Spanyol akhirnya datang di menit 71. Memanfaatkan bola mental hasil tendangan Fabregas, Raul berhasil menyerobot bola rebound mendahului bek Tunisia dan menggetarkan gawang Boumnijel.

Tak perlu waktu lama buat Spanyol untuk mencetak gol kedua. Lima menit setelah gol Raul, gantian Torres yang mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat umpan terobosan dari Fabregas, striker Athletico Madrid itu lolos dario kawalan bek Tunisia. Kiper Ali Boumnijel yang keluar dari sarangnya untuk memperkecil ruang tembak sang striker dibuat tak berdaya. Dengan satu sontekan pelan bergetarlah jala gawang Tunisia untuk kedua kalinya.]

Torres setidaknya punya dua peluang emas setelah gol pertamanya itu. Dua kali tinggal tinggal berhadapan dengan kiper Torres gagal menambah gol Spanyol. Sepakan kerasnya masih nyangkut di kaki kiri Boumnijel, sementara usaha keduanya kembali dimentahkan kiper 40 tahun itu.

Namun gol ketiga Spanyol akhirnya juga datang dari kaki Torres dari titik putih setelah ia dilanggar Alaeddine Yahia. Walau sempat diblok kiper, namun tendangan keras Torres bersarang di jala Tunisia yang merubah kedudukan menjadi 3-1.

Link

Entry filed under: Soccer, Spain, Tunisia, World Cup. Tags: .

Menang 4-0, Ukraina Buka Peluang Hasil Sementara: Jerman Unggul 3-0

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pos-pos Terbaru

Blog Stats

  • 262,677 hits

%d blogger menyukai ini: